WISATA PULAU BAWEAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Bawean merupakan sebuah pulau yang berada di Laut Jawa, sekitar 120 km utara Gresik. Pulau ini termasuk pada wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau Bawean mempunyai 2 kecamatan yakni Tambak dan Sangkapura. Penduduk di pulau ini sekitar 70.000 orang yang merupakan pencampuran dari beberapa suku yang berada di pulau Jawa.
Penduduk Bawean kebanyakan mereka mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan dan juga petani selain itu banyak juga yang menjadi pekerja di Malaysia ataupun Singapura, sebagian besar dari mereka telah memiliki status penduduk tetap di negara itu.
Beberapa mayoritas penduduk bawean ialah Suku Bawean, dan suku lainnya seperti Jawa, Bugis, Madura, Mandailing, Mandar, Banjar dan Palembang. Bahasa yang digunakan pun ialah bahasa Bawean. Belum banyak masyarakat yang telah mengetahui indahnya Pulau Bawean ini.
Pulau Bawean memiliki banyak lokasi wisata yang tidak kalah dengan wisata lain yang berada di Indonesia. Selain wisata laut, air terjun dan danau, masyarakat juga dapat menikmati budaya masyarakat asli Pulau Bawean tersebut. Yang di sayangkan dari pulau ini ialah belum adanya keseriusan pemerintah untuk menjadikan Pulau Bawean ini sebagai tujuan wisata.
Beberapa lokasi wisata yang dapat anda kunjungi di Pulau Bawean :
1. Tanjung Gaang
Lokasi wisata yang terletak di ujung barat Pulau Bawean ini dapat kita nikmati dengan menyusuri laut dengan perahu dan dengan menikmati hamparan tebing karang yang sangat luas dan menikmati jernihnya air laut Bawean yang sangat jernih.
2. Danau Kastoba
Danau Kastoba merupakan satu-satunya danau di Pulau Bawean. Danau yang masih sangat alami ini berada di kecamatan Tambak, tepat di tengah-tengah Pulau Bawean.
3. Pulau Gili 
Pulau Gili atau merupakan pulau kecil yang berjarak 2,3 km timur Pulau Bawean. Kita dapat menyebrang dengan menyewa perahu nelayan untuk mengunjuingi pulau ini. Pulau Gili merupakan salah satu pulau berpenghuni di Bawean.
4. Pulau Noko
Pulau Noko merupakan pulau kecil yang menyuguhkan pantai pasir putih panjang yang indah dan dengan hanya ditumbuhi semak belukar. Pulau ini bersebelahan dengan Pulau Gili. Kita pun juga dapat  snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya di pulau ini.
5. Penangkaran Rusa Bawean
Pulau Bawean memiliki rusa yang hanya akan dijumpai di Pulau Bawean saja. Spesies ini sangat tergolong langka dan diklasifikasikan terancam punah oleh IUCN. Di pulau bawean inilah rusa-rusa itu dikandangkan.
Dengan luas penangkaran kurang lebih 4 ha ini kita dapat melihat rusa yang masih jinak. Rusa di sini dibiarkan liar, tidak seperti yang kita jumpai pada kebun binatang. Selain mengunjungi penangkaran Rusa Bawean kita juga dapat mengunjungi Kebun Salak yang terdapat kebun salak yang lumayan luas.
6. Air Terjun Laccar
Air terjun Laccar merupakan salah satu dari banyak air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter yang ada di Pulau Bawean. Masih sangatlah alami dan Terletak di Desa Teluk Dalam sekitar 15 km dari Sangkapura. Jika kita berkunjung ke Bawean, tidak sah apabila tidak mandi di air terjun yang banyak ditumbuhi beragam flora di sekelilingnya ini.
Di Pulau Bawean sekarang ini belum ada pusat informasi pariwisata. Dan untuk informasi sangatlah terbatas, jika anda ingin berkunjung ke Pulau Bawean dibutuhkan keaktifan untuk bertanya pada penduduk setempat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *