KEELOKAN PANTAI SAWARNA DI PROVINSI BANTEN

Pantai Sawarna terletak di salah satu kabupaten di provinsi Banten, Lebak tepatnya Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah. Pantai indah ini berjarak sekitar 150 kilometer dari pusat kota Rangkasbitung. Berwisata di Pantai Sawarna akan membuat anda terkesan karena alamnya masih alami juga mempunyai air laut yang jernih tidak tercemar.
Ekosistem disini masih terjaga karena kearifan budaya lokal dukungan semua unsur masyarakatnya, sehingga pencemaran lingkungan tidak terjadi.
Pantai disini akan menawan mata dan hati Anda. Apabila Anda hobi berselancar ataupun surfing kenapa tidak mencoba merasakan ombaknya yang menakjubkan bahkan peselancar dari Australia, Amerika, Jepang, dan Korea sudah pernah mencobanya.
Anda juga bisa merasakan olahraga snorkeling untuk menyapa berbagai ikan hias dan terumbu karang. Ada berbagai macam pantai yang disuguhkan disana, sehingga anda dapat mengeksplornya satu persatu.
Selain objek wisata pantai, di Sawarna juga terdapat wisata gua. Beberapa gua yang berbeda ukuran dapat Anda jelajahi seperti: Goa Sikadir, Goa Lalay, Goa Singalong, Goa Cimaul dan Bukit Pasir Tangkil.  Goa di Sawarna merupakan gua karst atau gua batu gamping yang terbentuk sejak zaman Miosen awal.
Jembatan besi menjadi awal perjalanan Anda menuju Desa Sawarna, setelah jauh memasuki jalan tersebut berikutnya akan disuguhi pemandangan hutan lebat. Anda bisa bermain di pantainya dengan taburan pasir putih berkilap. Menatap pinggang pantai yang luas dengan iringan bunyi deburan ombak dan deruan  angin laut.
Selain keindahan obyek wisata Pantai Sawarna, Anda juga dapat berkeliling untuk mengunjungi gua-guanya yang menawan. Temukan Goa Kelelawar atau gua Lalay yang dihuni ratusan kelelawar dan jernihnya air yang mengalir didalam gua.
Goa Lalay terbentuk akibat dari retakan pada batu gamping karena pengaruh tektonik. Panjang gua diperkirakan sampai 1 kilometer. Retakan tersebut selanjutnya menjadi jalan air yang melarutkan batu gamping tersebut. Air yang melarutkan batu gamping tersebut kemudian mengendap dan menghasilkan beragam ornamen gua. Bagian dasar gua ini adalah sungai bawah tanah yang berlumpur dengan ketebalan 10-15 sentimeter.
Disini terdapat pantai yang kondisi geografinya masih sangat alami, yaitu pantai Laguna Pari. Laguna Pari adalah pantai alami yang tersembunyi dari hiruk pikuk keramaian, lokasi ini biasanya dimanfaatkan para nelayan Sawarna dari Dusun Gempol untuk melabuhkan perahu ke tengah laut.
Di sekitar pantai banyak terdapat gubuk-gubuk nelayan yang dapat Anda pakai sebagai tempat berteduh. Laguna Pari berlokasi di sisi timur sehingga ideal untuk Anda melihat sunrise. Anda perlu membawa perbekalan dan peralatan yang cukup untuk melanjutkan perjalanan sampai ke Palistir dengan kendaraan karena di Laguna Pari tidak terdapat warung.
Di Palistir terdapat tebing karang di sisi pantai yang mempunyai teras karang yang lebar. Panggung karang tersebut berundak-undak dengan suara gemericik air mengalir di atasnya dan menyusup melalui celah-celah karang.
Di Karang Taraje Anda bisa melihat pantai dengan bentangan beraneka karang yang luas dan besar di sepanjang Pantai Laguna Pari sampai Pantai Sepang. Bentangan karang yang undak-undakan atau trap tersebut menjadi alasan mengapa daerah tersebut dinamakan Karang Taraje.
Anda juga dapat menyaksikan beberapa cekungan karang yang membentuk kolam di antara celah-celah karang. Cekungan tersebut biasanya berisi air dan ikan yang oleh penduduk lokal sering dimanfaatkan sebagai tempat memancing. Selamat Menjelajahi keindahan Pantai Sawarna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *