TRANSPORTASI/ CARA MENUJU DANAU TOBA DAN PULAU SAMOSIR

Transportasi menuju Danau Toba – Medan adalah pintu gerbang internasional. Banyak jadwal penerbangan tersedia setiap hari antara Medan menuju semua kota besar di Indonesia dan juga penerbangan internasional dari Medan menuju ke negara tetangga lain Singapura, Malaysia dan Thailand.
Bandara utama di Medan adalah Bandara internasional Kualanamu. Ada beberapa perusahaan maskapai penerbangan yang menyediakan pelayanan rute dari kota besar lainnya di Indonesia ke Medan, di antaranya Garuda Indonesia, AirAsia, Lion Air, Merpati Air dan Sriwijaya Air.
Harga tiket pesawat yang harus dikeluarkan bervariasi. Paling terjangkau, tiket seharga 400 ribu rupiah dan dapat mencapai 800 ribu rupiah ketika high season. Perjalanan dari Jakarta menuju Medan dapat ditempuh selama 1,5 jam sampai 2 jam. Dari bandara, perjalanan ke Danau Toba dapat dilanjutkan dengan taksi, bus, kereta menuju Terminal Bus Pinang Baris Medan.
Ada beberapa alternatif pilihan Transportasi menuju Danau Toba, salah satunya memanfaatkan sarana angkutan umum. Dari terminal terbesar di kota Medan, terminal Pinang Baris, Anda dapat berangkat dengan bus dengan tarif yang dipatok sekitar 50 ribu rupiah menggunakan bus jurusan menuju Parapat yang berjarak 176 kilometer dari kota Medan dan ditempuh perjalanan dengan bus selama 6 jam.
Supaya lebih cepat dan nyaman, Anda juga dapat menggunakan mobil travel, walaupun harga tiketnya sedikit lebih mahal yaitu sekitar 80 ribu rupiah. Pilihan lainnya adalah dengan menyewa mobil seperti Toyota Kijang dan Suzuki APV dengan tarif sekitar 700 ribu rupiah per hari. Bepergian memakai mobil sewaan disarankan bagi rombongan. Akan tetapi, apabila anda bepergian sendiri maka lebih baik anda memanfaatkan transportasi umum.
Dari Jakarta menuju Balige dapat anda tempuh dengan naik Pesawat dari maskapai Lion Air menuju Bandara Silangit di Balige. Pesawat transit dahulu di kota Batam akan tetapi  rute ini dapat menghemat waktu ke Balige. Opsi lain dari Batam menuju Balige di Bandara Silangit dapat ditempuh dengan Susi Air. Waktu yang dibutuhkan dari Batam menuju Balige sekitar 1 jam.
Jarak Parapat dari Medan sekitar 176 kilometer dan dapat ditempuh dengan bus kurang dari 6 jam. Ada dua trayek bus yaitu Medan-Parapat atau melalui Medan-Berastagi, biayanya sekitar 40 ribu rupiah dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam. Untuk pemesanan tiket bus ke danau Toba dilayani oleh banyak agen travel yang ada di bandara Polonia.
Anda bisa memilih naik taksi ber-AC dari Medan menuju Parapat dengan tarif 75 ribu rupiah tiap sekali jalan. Perjalanan membutuhkan waktu 4 jam. Agen perjalanan wisata di Medan bisa juga menyediakan mobil sewaan beserta si sopir. Bus ke Parapat juga dapat Anda temukan dengan mudah di bandara di Medan.
Agar mudah mencari bus ke Parapat – Toba, sebaiknya anda tiba di Medan pada waktu pagi hari. Bus tersebut akan membawa Anda langsung menuju area Toba. Saat tiba di Parapat, Anda bisa menumpang kapal feri menuju Pulau Samosir. Kapal feri beroperasi disana setiap satu jam setengah sekali mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.
Menuju Pulau Samosir dapat anda lakukan di pagi hari dengan membeli tiket feri seharga 10 ribu rupiah tiap orang. Sambil menunggu keberangkatan kapal, Anda dapat mengambil foto di sekitar area Danau Toba. Ada dua jenis feri yang melayani rute menuju Pulau Samosir, yaitu feri yang hanya mengangkut penumpang dan feri yang mengangkut mobil.
Apabila anda menggunakan mobil maka sebaiknya menumpang feri jenis kedua yang mengangkut mobill. Selama penyeberangan, anda akan disuguhi pemandangan alam danau yang mempesona, langit yang kebiru-biruan, dan udara yang sejuk. Cuaca disana bahkan dapat menghipnotis pengunjung sehingga enggan beranjak.
Selamat menikmati suasana Transportasi menuju Danau Toba dan semoga pengalaman disana menjadi pengalaman termanis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *