WISATA DANAU TOBA DAN PULAU SAMOSIR YANG MENGGODA

Danau Toba adalah salah satu wisata alam menakjubkan yang ada di Pulau Sumatera. Sulit sekali membayangkan ada tempat wisata lain yang lebih mempesona untuk dikunjungi di Sumatera Utara selain Danau Toba ini.
Suasana sejuk nan menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan menawan pegunungan hijau merupakan sebagian kecil saja dari gambaran danau vulkanik raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu.
Saat ini Danau Toba sudah menjadi salah satu dari sekian tujuan wisata terbaik yang terdapat di Indonesia. Tempat dimana Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti berenang, mendaki gunung atau berperahu layar. Udaranya masih bersih dan sejuk harmonis dengan suasana keramahan masyarakatnya.
Banyak dari para wisatawan yang lebih memilih untuk menetap di Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Sebagai pulau tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir mempunyai beberapa bekas peninggalan zaman prasejarah di antaranya adalah kuburan batu dari para raja dan bangsawan serta desa-desa tradisional.
Di pulau ini Anda bisa menemukan kebudayaan Toba yang unik dan sudah sangat kuno. Perhatikan juga teknik arsitektur tradisional rumah masyarakat Batak Toba yang majemuk. Keindahan alam Pulau Samosir menyiratkan bahwa pulau ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dan menghilangkan kepenatan aktivitas.
Akses menuju Samosir dapat dijangkau dengan kapal ferry dari Parapat. Di kawasan Tomok anda dapat menjumpai Makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah lebih dari 500 tahun. Selain itu, disana juga terdapat patung Sigale-gale yang dapat menari.
Apabila Anda merasa sangat bersemangat ketika berada di Parapat maka ada berbagai macam fasilitas yang dapat anda gunakan untuk berenang dan bermain wahana olahraga air yang lainnya. Dari Parapat Anda bisa berjalan-jalan santai di bukit Sungai Naborsahon dimana Anda akan menyaksikan bunga bugenvil, honey suckle, pointetties yang spektakuler berbunga sepanjang tahun.
Banyak pengunjung  atau wisatawan yang berkunjung dan menghabiskan waktu di Danau Toba dengan berenang di airnya yang menyegarkan atau menyewa perahu layar untuk digunakan mengelilingi danau yang sangat besar se Asia Tenggara tersebut.
Anda tidak perlu khawatir tersengat sinar matahari karena iklim di danau Toba sangat sejuk dan kering dengan hamparan  pemandangan danau yang indah, danau Toba adalah tempat yang ideal untuk bersantai bersama kelurga ataupun juga untuk berlibur bersama teman.
Menyaksikan sunset di Danau Toba merupakan cara yang sempurna untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda kasihi.
Di pulau Samosir, Anda juga bisa berjalan-jalan ke pelosok dan kmengeksplorasi dua danaunya yang lebih kecil  yaitu Danau Aek Natonang dan Sididhoni. Apabila Anda masih belum terpuaskan dengan suasana alam di Samosir, jelajahi alam pedalamannya dengan melakukan trekking atau pendakian ke dataran tinggi.
Alangkah baiknya jika anda bertanya terlebih dahulu kepada hotel atau masyarakat sekitar tentang rutenjalan menuju dataran tinggi tersebut karena terkadang kondisi jalannya berlumpur dan licin.
Apabila Anda tertarik dengan sejarah dan peradaban kuno maka jangan lupa untuk megunjungi komplek pemakaman Raja Sidabutar dimana dapat menyaksikan peninggalan budaya zaman megalit yang mengesankan.
Apabila Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan masyarakat Batak, berkunjunglah ke desa tradisional Jangga sebagai penghasil kain ulos batak yang berjarak sekitar 24 kilometer dari kota Parapat.
Di bagian tepi Danau Toba juga terdapat Wisma Soekarno, tempat Presiden pertama republik Indonesia diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda, dengan desain arsitek bangunan yang diberi warna dengan cat warna putih yang megah. Jika ada waktu dan uang lebih, tidak ada salahnya bagi anda untuk berkunjung ke Danau Toba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *