Transportasi Menuju Bunaken

Sebagai lokasi yang sudah dikenal secara luas di dunia internasional, transportasi ke tempat wisata Taman Laut Bunaken sangat mudah dijangkau. Manado dengan bandar udara internasionalnya, Sam Ratulangi terhubung dengan beberapa kota-kota besar lain di Indonesia seperti Denpasar, Surabaya, Jakarta, Balikpapan ataupun Makasar.
Selain itu bandara internasional Sam Ratulangi tersebut juga menyediakan rute penerbangan langsung dari dan keluar negeri seperti ke Manila, Kuala Lumpur, Singapura dan Davao, Filipina. Terminal penumpangnya juga sudah mempunyai fasilitas penunjang berstandar internasional. Dari bandara Internasional Sam Ratulangi menuju kota Manado Anda dapat menaiki taksi dengan tarif sekitar 100 ribu rupiah.
Anda juga dapat menyewa kapal untuk sampai ke Pulau Bunaken dari Manado. Ada dua pilihan tempat, dari Marina atau Pasar Bersehati. Harga sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar 300 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah. Tarif lebih mahal apabila kita berangkat dari Marina, yaitu sekitar 600 ribu rupiah sampai 800 ribu rupiah.
Alternatif lain anda dapat memakai kapal tradisional dengan tarif 50 ribu rupiah per orang, akan tetapi kapal tradisional ini baru akan berangkat apabila penumpang sudah penuh.
Tiket dan tanda masuk ke Pulau Bunaken bisa anda dapatkan di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken sendiri. Anda juga bisa membeli tiket di beberapa agen penjual tiket di Bunaken dan desa Liang di Pulau Bunaken dan pulau Siladen.
Harga tiket masuk untuk wisatawan asing adalah 50 ribu rupiah per wisatawan per hari atau 150 ribu rupiah per tahun. Sedangkan untuk wisatawan lokal tarif tiket masuk hanya 2500 ribu rupiah per wisatawan per hari.
Bunaken adalah salah satu Taman Laut Nasional yang terkenal di Manado lebih tepatnya di wilayah Manado Tua. Dari Manado menuju ke Bunaken dapat anda tempuh dalam waktu kurang lebih selama 35 menit. Bunaken menawarkan beraneka ragam keindahan biota dan spesies laut mulai dari ikan-ikan di laut.
Untuk dapat menikmati keindahan laut Bunaken ini, anda harus melalui dua kali perjalanan Transportasi Menuju Bunaken, pertama anda akan diantar dengan kapal boat menuju ke tengah perairan laut Bunaken, kemudian akan dipindah ke kapal kaca yang sudah menunggu anda. Melalui kapal kaca inilah anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan alam laut Bunaken di dasar laut.
Apabila anda ingin melihat keindahan wisata alam laut Bunaken yang lebih mempesona, anda dapat membeli tiket kapal selam yang bernama Blue Banter. Akan tetapi kapal selam Blue Banter tersebut hanya akan beroperasi pada saat air laut sedang pasang saja. Pemandangan yang bisa bisa lihat dari kapal selam ini tentunya sangat mengesankan, karena anda akan langsung berada di bawah permukaan air laut. Selain itu, anda pun dapat menikmati keindahan taman laut ini dengan diving ataupun juga snorkeling.
Apabila anda ingin menikmati malam di Bunaken maka anda tinggal memilih resort atau penginapan mana yang akan anda pilih untuk menginap. Ketika tiba di Bunaken anda akan disambut oleh para pedagang aksesoris Bunaken dan berbagai tempat untuk berwisata kuliner yang ada di sana.
Untuk itu, selain menikmati keindahan alamnya tugas kita sebagai warga negara Indonesia yang bertanggungjawab adalah dengan menjaga kelestarian alam Bunaken tersebut. Jangan sampai kita malah merusaknya sehingga warisan alam yang indah tersebut hanya berupa cerita legenda saja ketika sampai di zaman anak dan cucu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *